Ini Dia 8 Industri Bergaji Paling Besar Di Indonesia



Ini Dia 8 Industri Bergaji Paling Besar Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]

Indonesia membutuhkan banyak industri yang bergerak di segala bidang untuk mendongkrak mesin perekonomian. Sementara, industri sendiri membutuhkan banyak buruh untuk menjalankan roda perekonomiannya.

Para buruh telah ditetapkan upah yang layak di setiap daerahnya. Namun tahukah anda buruh di bidang industri apa yang memberikan gaji besar?

Dikutip detikFinance dari data Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu (1/8/2012) berikut rata-rata upah nominal per bulan buruh industri dari dari yang paling rendah hingga tertinggi.

8. Industri Tekstil
Industri tekstil dan produk tekstil memang semakin terpuruk. Hal ini dikarenakan serangan impor yang kian merajalela. Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat Usman mengatakan lonjakan impor tekstil dan produk tektil (TPT) mencapai 50% dari periode Lebaran tahun lalu.
Namun jika bicara upah buruhnya, industri ini cukup menjanjikan. Rata-rata upah buruh industri tekstil per bulan sebesar Rp 1,32 juta.

7. Industri Percetakan
Industri percetakan di Tanah Air dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan. Para pelaku usaha di industri grafika pun optimistis industri berbasis percetakan, penerbitan dan converting pada tahun depan bisa tumbuh.

Upah buruh per bulannya yang ditawarkan industri ini mencapai Rp 1,34 juta. Tertarik?

6. Industri Bahan Makanan
Industri bahan makanan dan minuman dalam negeri memang masih mengandalkan bahan baku impor untuk mendukung kinerja sektor tersebut. Hal ini diakibatkan minimnya investor yang menanamkan modalnya di bidang bahan makanan dan minuman ini.

Namun dari sisi upah buruhnya, industri bahan makan memberikan upah per bulan sebesar Rp 1,344 juta.



































































5. Industri Pakaian Jadi

Industri pakaian jadi merupakan industri yang sudah sangat lama keberadaannya, bukan merupakan industri baru. Hal ini dikarenakan pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Perkembangan industri pakaian jadi dapat dipicu oleh pertumbuhan penduduk.

Industri pakaian jadi ini menawarkan upah buruhnya per bulan sebesar Rp 1,36 juta.

4. Industri Kertas
Perkembangan era digital mengurangi jumlah penggunaan kertas karena jumlah buku yang diterbitkan semakin minim. Namun faktanya justru tidak seperti ini. Kini semakin banyak penerbit-penerbit yang baru di mana mampu bersaing menghasilkan buku-buku terbaik.

Industri kertas menawarkan upah per bulannya mencapai Rp 1,42 juta.

3. Industri Kimia/Karet
Pengembangan tanaman karet dan pengolahannya yang masuk ke industri kimia di masa mendatang tetap menjadi salah satu prioritas pengembangan di sub sektor perkebunan. Hal ini disebabkan, tanaman karet memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pengembangan tanaman perkebunan lainnya.

Industri karet/kimia memberikan upah buruh per bulannya sebesar Rp 1,50 juta.

2. Industri Semen atau Kapur
Industri semen terus bersinar dengan maraknya pembangunan properti. Hingga semester I-2012 ini, industri semen telah tumbuh hingga 16%. Industri ini menawarkan upah buruh per bulannya sebesar Rp 1,69 juta.

1. Industri Logam
Dalam dua kuartal pertama tahun ini, perkembangan industri metal dunia menunjukan sebuah perkembangan yang signifikan. Hal ini juga terjadi pada industri logam tanah air. Tak hanya emas, namun dari bijih besi hingga alumunium terus saja menunjukkan pertumbuhan yang baik.

Industri ini menawarkan upah buruh per bulan yang paling besar. Di mana per bulannya mencapai Rp 1,96 juta.

Follow On Twitter