3 Hal Penyebab Kecanduan Narkoba



3 Hal Penyebab Kecanduan Narkoba [ www.BlogApaAja.com ]

Bukan menjadi hal yang tabu jika narkoba menjadi barang yang diharamkan. Tdak hanya sekedar mendatangkan banyaknya tindak kriminal dan kerugian akan kesehatan, namun di dalam rangkaian zat adiktif tersebut memiliki kandungan yang membuat seseorang sulit untuk melepaskan diri dari kecanduan.

Dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional esok hari, yuk, kenali tiga hal yang bisa membuat seseorang menjadi pecandu narkoba.

  • 1. Trauma sosial : hal ini terkait dengan trauma sosial. Rasa trauma ini menjadi penyebab teratas dari penggunaan narkoba. Trauma sosial bukan hanya dikarenakan masalah pada diri sendiri, budaya dalam keluarga, atau sosial. Namun umumnya juga disebabkan oleh perilaku seks yang menyimpang, lingkungan keluarga yang tidak harmonis, kekerasan fisik, ataupun merasa terasingkan.

  • 2. Alasan psikologis : dari banyak studi kasus menyebutkan, kebanyakan para pengguna narkoba awalnya hanya coba-coba. Meski beberapa orang mampu mengendalikan dirinya untuk tidak kecanduan, namun tidak sedikit pula yang menjadikan obat-obatan ini sebagai pelampiasan dari masalah psikologis yang dideritanya seperti pengalaman emosional, rasa marah yang berlebihan, rasa bersalah, sedih, merasa kosong, dan kesepian. Dari perasaan tersebut, para pecandu narkoba kerap kali menggunakan obat-obatan terlarang tersebut untuk mematikan emosi, melarikan diri dari rasa sakit, bahkan merasa bahwa narkoba mampu meningkatkan kepercayaan dirinya.

  • 3. Penyakit mental dan peranan gen : lainnya, penyakit mental tertentu dan korelasi antara genetika biokimia obat juga bisa memicu seseorang untuk lebih mudah kecanduan dengan narkoba. Untuk penanganan yang satu ini, diperlukan psikoterapi dan pemberian motivasi yang bisa membuat perubahan di diri pecandu itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa mereka yang kecanduan narkoba kebanyakan merasa seolah-oleh telah masuk ke dalam perangkap sehingga sulit untuk melepaskan diri. Yuk, jaga diri, keluarga, dan lingkungan dari jahatnya obat-obatan terlarang ini.

Follow On Twitter