6 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Tenggorokoan



6 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Tenggorokoan [ www.BlogApaAja.com ]

Terkena sakit di tenggorokan memang cukupmenyiksa. Untuk menelan dan berbicara terasa sakit. Tenggorokan pun terasacukup kering sehingga kerap membuat batuk.Walhasil, mau beraktivitas yangmelibatkan kerja tenggorokan pun menjadi ogah-ogahan.

  1. Mengatasi sakit tenggorokan bisa dilakukandengan cara yang sederhana. Dikutip dari Times of India, berikut ini beberapacara menyembuhkanya:

  2. Kunyah dan makan bawang putih. Bumbu dapur inimengandung allicin yang keluar saat dikunyah. Funsinya sebagai pembunuhbakteri. Kunyahlah bawang putih dalam potongan kecil dan jangan langsungditelan sebelum lumat.

  3. Konsumsi makanan pelega tenggorokan. Bisanyapelega tenggorokan (lozenges) dengan mudah didapatkan pada permen tertentu.Kandungan yang ada di lozenges antara lain vitamin C, pektin, dan seng. Selainberguna melembabkan tenggorokan, lozenges membantu meningkatkan kekebalantubuh.

  4. Berkumur dengan air garam yang hangat. Secaratradisional, air garam dipercaya dalam mengatasi pembengkakan dan peradanganpada tenggorokan. Berkumurlah tiga jam sekali ketika mendapati sakit ditenggorokan.

  5. Konsumsi banyak air. Tujuannya adalah mengusirbakteri yang mengumpul di tenggorokan. Minum air hangat lebih lebih disarankansaat sakit ini datang. Anda bisa minum teh atau kopi hangat, dan bisa pulamenambahkan air putih hangat dengan jeruk nipis atau madu. Minum air dapatmenjaga kelembaban di tenggorokan.

  6. Menghirup uap hangat. Kadang sakit tenggorokandipicu oleh lendir dari hidung yang membuat nafas agak mampat. Salah satusolusinya adalah menghirup uap hangat. Caranya, siapkan wadah kecil berisi airhangat dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Hiruplah uapnya hingganafas menjadi lega.

  7. Makan sup ayam. Kandungan natrium yang adadalam kaldu ayam diyakini memiliki khasiat anti-inflamasi atau anti-radang.Sehingga, sup ayam sangat cocok untuk obat sakit tenggorokan dengan rasa yangnikmat.


Follow On Twitter